Membidik Kebahagiaan di Tengah Pahitnya Hidup

Perjuangan dalam mengejar kebahagiaan menjadi ciri khas dari drama Korea ini. Berbagai perjuangan itu digambarkan dalam serial berjudul Navillera. Serial dengan 12 episode ini mengisahkan berbagai macam orang dengan perbedaan latar belakang, seperti usia, jenis kelamin, dan status sosial. Dalam drama ini, Sim Deok-chul dan Lee Chae-rok menjadi pemeran utama. Sim Deok-chul merupakan seorang pria berusia 70 tahun yang ingin belajar menari balet walau sudah tua renta. Sedangkan Lee Chae-rok ialah seorang lelaki berusia 23 tahun yang mengalami kesulitan untuk mempertahankan mimpinya sebagai seorang penari balet.

Drama Korea hasil adaptasi serial komik ‘Nabillera’ ini dibuka dengan Sim Deok-chul yang secara kebetulan melewati studio dan melihat Lee Chae-rok sedang berlatih menari. Terpukau dengan tarian Lee Chae-rok, Sim Deok-chul meminta Ki Seung-joo, guru balet serta pemilik studio tari, untuk mengajarinya menari. Namun, Ki Seung-joo menolak dan menunjuk Lee Chae-rok untuk menjadi guru balet Sim Deok-Chul agar mereka bisa saling belajar.

Jalan cerita Navillera pun diliputi oleh berbagai permasalahan. Hal ini dimulai dari Sim Deok-chul yang tidak mendapat restu dari keluarga untuk menekuni balet karena usianya. Oleh karena itu, ia sering berlatih diam-diam dan menyembunyikan peralatan tarinya. Di sisi lain, Lee Chae-rok mulai kehilangan motivasi berlatih balet karena mengalami kesulitan dengan kondisi finansial. Masalah pun bertambah dengan hadirnya Yang Ho-beom yang sering kali merundung Lee Chae-rok.

Dalam serial drama ini permasalahan yang ada kerap kali dibumbui dengan kalimat motivasi dari Sim Deok-chul. Motivasi ini ditujukan kepada orang di sekitarnya untuk membantu mereka menyelesaikan masalah yang ada. Termasuk Lee Chae-rok yang dalam perjalanan mempertahankan mimpinya dibantu oleh Sim Deok-chul dan Ki Seung-joo. Dalam menghadapi masalah, Sim Deok-chul tetap menjaga semangatnya untuk menekuni balet meski ditentang keluarga. Lee Chae-rok dan Sim Deok-chul pun terus saling percaya dan membantu satu sama lain dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang menimpa mereka.

Serial yang dapat ditonton di platform Netflix ini diselilingi oleh tarian-tarian balet yang indah sehingga jalan cerita menjadi lebih menarik dan memukau. Selain itu, kisah dalam Navillera terbilang ringan karena berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, durasi yang panjang dan alur cerita yang mudah ditebak membuat penonton merasa bosan. Hal ini disebabkan setiap permasalahan memberikan solusi yang sama.

Terlepas dari kekurangan yang dimiliki, Navillera layak untuk ditonton karena memiliki pesan moral yang patut diikuti. Drama ini mengajarkan penonton untuk melakukan yang terbaik dan pantang menyerah dalam mengejar mimpi. Tidak meremehkan ambisi orang lain hanya karena berbeda juga menjadi pesan moral dari serial ini. Semua pencapaian perlu dilakukan dengan kerja keras dan latihan berkali-kali sehingga hasil yang maksimal pun dapat diraih. 

Jabrik : Andhimas Krisna Yudha

Editor : Zaid Zulkarnain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *