Indiline

Bujang Si Anak Tukang Pukul

2 Mins read

Dalam kehidupan, manusia pasti pernah mengalami masa pahit. Rasa kecewa dan tidak terima atas jalan hidup yang sudah digariskan adalah hal biasa. Seringkali manusia mempertanyakan kesalahan apa yang sudah ia lakukan selama hidup. Begitupun dengan Bujang yang mempertanyakan sikap bapaknya, Samad. Sikap keras yang kerap ditunjukkan bapaknya sering kali membuat maknya menangis. Satu persatu pertanyaan Bujang terjawab ketika dirinya bertemu dengan Tauke Besar, teman lama bapaknya. Tauke Besar merupakan sebutan untuk tukang jagal nomor satu dan pemimpin di keluarga Tong. Novel Pulang sudah memiliki dua sekuel yaitu Pergi dan Pulang-Pergi. Novel ini tidak hanya menceritakan tentang kisah perjuangan hidup Bujang, namun juga persahabatannya dengan White, serta kisah cintanya bersama putri dari pengusaha shadow economy di Rusia, Maria.

Novel Pulang yang ditulis oleh Tere Liye mempunyai keistimewaan tersendiri bagi para pembacanya. Kisah yang diberikan dapat tergambarkan dengan jelas dan membuat para pembaca penasaran dengan kelanjutan ceritanya. Hal itu tercermin dari cara penulis menggambarkan sosok Bujang yang memiliki jiwa kepemimpinan. Ketika Bujang menyusun rencana perebutan kekuasaan, ia selalu memikirkan tindakan dan konsekuensi yang akan terjadi. Penulis juga mengisahkan Bujang sebagai orang yang pintar dengan keberhasilannya menyelesaikan dua pendidikan master, yaitu Ekonomi dan Matematika Terapan di luar negeri. Novel Pulang menyisipkan banyak pelajaran didalamnya, seperti shadow economy, sebuah pengetahuan dunia non fiksi yang belum diketahui banyak orang. Kisah dituangkan dengan apik dan membuat pembaca mengerti alur cerita yang dimainkan sekaligus menambah wawasan istilah-istilah baru. Sosok Salonga sebagai penembak jitu, juga memberikan pengetahuan cara menembak yang baik dan benar. Selain itu, strategi dalam mengelola keuangan serta menghadapi masalah juga dijelaskan secara detail.

Alur dibawakan dengan sangat menarik, pembaca dibuat simpati saat cerita masuk pada bagian kematian orang-orang terdekatnya yang membuat dirinya merasa bersalah. Bagaimana penulis membagikan kisah-kisah perjuangan semasa hidup Bujang serta saat ia memilih untuk bertahan, membuat pembaca ikut merasakan arti perjuangan yang sesungguhnya. Banyak peperangan dan perebutan kekuasaan yang disajikan oleh penulis, sehingga memberikan adrenalin kepada pembacanya.

Disamping kelebihannya, novel ini juga tak luput dari kekurangan. Ada beberapa istilah yang awam dan tidak dijelaskan artinya, seperti shuriken, insider trading, cryptocurrencies, illegal trading. Sehingga mengharuskan pembacanya untuk googling agar dapat memahami maksud dari penulis dalam penggunaan istilah tersebut.

Kisah Bujang dari Novel Pulang mengajarkan kita untuk berdamai dengan keadaan. Setiap rasa takut, kecewa, bahkan hancur sekalipun harus diterima dengan ikhlas. Tidak perlu hanyut terlalu lama dalam kesedihan, berusaha bangun kembali melebarkan sayap untuk melanjutkan hidup. Kegigihan Bujang dalam kisah ini melahirkan hasil yang sangat baik, menjadi orang sukses dengan kepintarannya.

Oleh: Rasylia Minatasya Asmi
Editor: Joy Alexandra & Annisa Hidayati

Leave a Reply

Your email address will not be published.