Masa yang terlupakan oleh Masa

 

Masa atau biasa disebut dengan zaman adalah jangka waktu terjadinya suatu peristiwa yang penting. Kita bisa mengambil contoh dari Negara kita yaitu Indonesia, Indonesia telah melewati berbagai masa yang memiliki peristiwa pekik didalam masa itu sendiri. Berawal dari Masa Kolonial, Masa Kemerdekaan awal, Masa Orde Baru dan Masa Reformasi.

Tentu munculnya suatu masa yang baru itu disebabkan oleh peristiwa di masa sebelumnya. Seperti halnya kehidupan masyarakat saat ini, yang terbentuk karena latar belakang masa lampau atau sejarah yang sama dan memiliki tujuan dan cita-cita yang sama pula.Begitupun dengan Indonesia, dibuktikan saat Masa Kolonial, masyarakat Indonesia rela menumpahkan darahnya di medang tempur untuk memperjuangkan tujuan dan cita-citanya yaitu merdeka. Tidak mungkin Indonesia menjadi sebuah Negara yang demokrasi dan adil seperti yang kita rasakan saat ini, jika tidak ada perlawanan penjajah pada Masa Kolonial.

Hakikatnya, masyarakat yang dibentuk atas latar belakang masa lampau atau sejarah yang sama tidak akan melupakan masa perjuanganya sendiri. Tetapi, apakah masyarakat Indonesia benar-benar memikirkan dan peduli dengan masa tersebut ? Sempat terpublikasi oleh situs berita milik CNN Indonesia, bahwa masyarakat Indonesia menganggap museum adalah tempat yang kuno serta menjenuhkan. Walaupun harga tiket masuk Museum Nasional hanya berkisar Rp1.000 hingga Rp5.000 tetapi belum bisa menggerakkan masyarakat Indonesia untuk berkunjung ke Museum. Padahal, museum adalah tempat dimana kita bisa mengetahui apa yang sedang terjadi di masa Lampau. Selain itu, dengan mengunjungi museumlah cara kita untuk mengapresiasi dan peduli pada masa Lampau.

Pengabaian museum ini dipengaruhi oleh arus globalisasi. Kiblat masyarakat Indonesia terpacu pada kehidupan masyarakat barat, mereka sudah menirukan bahkan menyamakan kehidupanya sekarang dengan kehidupan yang ada di Eropa. Karena hampir semua masyarakat Indonesia memiliki pikiran seperti itu, maka mereka hanya mengikuti sesuatu yang trendi di zaman sekarang dan menganggap masa lampau itu sesuatu yang kuno.

Tidak ada bedanya antara masa lampau dan masa sekarang, keduanya adalah sebuah masa. Dan dari pemaparan diatas, seharusnya dapat menyadarkan kita akan masa yang dahulu pernah kita lewati. Selain itu dapat membuat kepedulian kita bertambah, tidak hanya peduli dengan apa yang terjadi saat ini, tapi cobalah untuk peduli dengan apa yang terjadi di masa lalu, mungkin itu akan menjadi suatu pembelajaran buat kita untuk melangkah menjadi Negara yang lebih maju lagi. ehe keep calm :v

(‎nina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *