Tuntutan Ditolak, Mahasiswa Paksa Masuk Gedung Rektorat

356194920_827685538298165_8163796413771546302_n

Dalam upaya menyuarakan keprihatinan terhadap kebebasan akademik di Universitas Brawijaya (UB), puluhan mahasiswa berkumpul pada Kamis, 22 Juni 2023. Aksi yang diinisiasi oleh Aliansi Mahasiswa Resah (AMARAH) Brawijaya ini menuntut agar Wakil Rektor (WR) III menandatangani Piagam Kedaulatan Mahasiswa. Ferryawan Dwi selaku Koordinator Lapangan dalam aksi tersebut mengatakan bahwa demokrasi di Brawijaya sudah mati dan ruang gerak mahasiswa dibatasi. “Kebebasan mengemukakan pendapat dan berekspresi di tempat umum telah dikebiri oleh WR III dengan berbagai produk hukum serta kebijakan yang dikeluarkan,” ucapnya.

Mahasiswa terlihat berkumpul terlebih dahulu di Lapangan Rektorat pada pukul 9 sampai 11 pagi. Dengan membawa spanduk, poster, dan atribut aksi, mereka bergerak menuju depan gedung rektorat sembari melakukan orasi. Setelah beberapa waktu menunggu, WR III akhirnya turun untuk menemui para mahasiswa. Di sana, perwakilan mahasiswa menyampaikan pernyataan tuntutan kepada WR III serta memintanya untuk segera menandatangani Piagam Kedaulatan Mahasiswa tanpa adanya dialog. WR III meminta mahasiswa untuk berdialog terlebih dahulu sebelum menandatangani piagam tersebut. Namun, mahasiswa tetap bersikeras menolak permintaan dari WR III. Aksi berlangsung panas setelah WR III kembali ke dalam gedung tanpa menandatangani piagam. Mahasiswa sempat memaksa masuk ke gedung rektorat sehingga terjadi dorong-mendorong dengan pihak keamanan.

Suasana kembali mencair dengan cepat dan tidak ada korban yang terluka. Meskipun akhirnya WR III tetap tidak ingin menandatangani piagam, perjuangan mahasiswa untuk kebebasan demokrasi akan terus berlanjut. “Kedepannya akan kita eskalasikan buat gerakan yang lebih masif, dan poin tuntutan lebih tinggi,” ujar Ferry.

 

Penulis: Alexander Sigit A.

Editor: Andhimas Krisna Y.

Fotografer: Alexander Sigit A.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
2
Surprise
Surprise
1
Previous post Eksekutif Mahasiswa: Wakil Rektor III Bungkam Kebebasan Akademik
Next post Dari Pendekatan Informal Sampai Sidang Pemberhentian Ketua Banggar