Kebutuhan Privasi Tiap Individu

aa

Sebelumnya, ada yang tahu arti dari kata privasi itu apa?Arti kata privacy atau privasi itu sendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kebebasan atau keleluasaan. Jadi, dapat diartikan sebagai sesuatu atau beberapa hal yang terdapat dari dalam diri seseorang dan hanya diketahui oleh orang tersebut.

 

Akhir-akhir ini biasanya remaja-remaja yang ada di Indonesia atau mungkin dunia ini suka membentuk kelompok dalam pergaulan mereka sehari-hari.Kelompokdisini ada dalam artian yang positif, didalam satu kelompok mereka akan saling mendukung satu sama lain, saling menceritakan masalahnya satu sama lain dan memecahkan masalah yang ada tersebut bersama-sama. Akan tetapi bagaimana jika ada dari mereka yang tidak bisa menceritakan masalahnya tersebut? Bukan karena  tak ingin, hanya saja tak bisa menceritakannya.

 

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, tidak semua orang bisa menceritakan masalah pribadinya kepada orang lain, hal tersebut bisa dikarenakan oleh beberapa alasan, diantaranya.

  1. Orang tersebut adalah tipikalorang yang cuek, sehingga seakan-akan ia tidak memerlukan orang lain untuk memecahkan masalahnya, karena ia sendiripun terlalu cuek dengan masalahnya sendiri. Biasanya orang dengan tipikal ini, merupakan orang yang hidupnya selalu woles seakan-akan tidak peduli dengan masalah yang sedang dihadapinya, padahal tidak. Ia sedang memikirkan cara termudah dan tercepat untuk menyelesaikan masalah tersebut dan jika ada temannya yang mengetahui bahwa ia ada masalah dan meminta ia untuk bercerita biasanya ia akan menjawab “woles bentar lagi juga kelar kok masalah gue”.
  2. Orang tersebut merupakan tipikal yang lebih suka mendengar masalah orang lain serta memberi solusi kepada orang lain, daripada bercerita kepada orang lain. Seseorang dengan tipikal yang seperti ini biasanya adalah tipikal orang yang pendiam atau nerd yang ada dalam kelompok tersebut. Diamerupakan tempat bercerita bagi teman-temannya, akan tetapi jika teman-temannya melihat ia memiliki masalah yang berat dan mereka berpikir bisa membantu dan ketika ditanya ia hanya akan menjawab “gue enggak kenapa-kenapa kok, kalian gak usah khawatir”.
  3. Masalah yang dihadapi orang tersebut benar-benar tidak dapat diceritakan kepada orang lain. Memang ada, orang yang biasanya selalu bercerita kepada sahabat-sahabatnya tetapi tiba-tiba ia tidak mau bercerita itu berarti masalah yang sedang dihadapinya benar-benar pribadi dan tidak dapat diceritakan kepada siapapun, biasanya jika ditanya orang tersebut akan menjawab “sorry,gue bener-bener gak bisa cerita, privasi banget nih”.

 

Pada dasarnya setiap orang mempunyai masalah masing-masingdan untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah meminta saran kepada sahabat-sahabat terdekat.Akan tetapi apabila masalah tersebut dirasa tidak perlu untuk diceritakan, itu merupakan hak kita juga. Jadi, hal ini merupakan kebijakan dari masing-masing individu yang bersangkutan.

Karya:

Annida Zahra . A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *