Ekonomi Kreatif di Indonesia

a

”Selama ini, pemerintah lebih memberikan perhatian besar terhadap sektor ekonomi kreatif tapi lebih banyak pada sektor ekonomi spekulatif seperti saham.”  –Hetifah Syaifudian

 

Menurut John Howkins dalam bukunya yang berjudul The Creative Economy: How People Make Money from Ideas . Ia mendefinisikan ekonomi kreatif sebagai kegiatan ekonomi dalam masyarakat yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghasilkan ide. Menghasilkan ide baru yang inovatif adalah salah satu hal yang harus dilakukan untuk kemajuan.

 

Di Indonesia sendiri, ekonomi kreatif sudah  populer di tahun 2015. Dimulai dengan adanya pembentukan Indonesian Design Power oleh Departemen Perdagangan atas instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.  Tujuannya untuk menciptakan kekuatan desain dan merek. Kemudian di tahun 2007 diselenggarakannya pameran khusus produk budaya Indonesia. Lalu di tahun 2010, di bentuklah  indonesiakreatif.net yang menjadi jawaban akan kebutuhan informasi seputar ekonomi kreatif setelah dikeluarkannya Inpres Nomor 6 tahun 2009.

 

Seiring berjalannya waktu, ekonomi kreatif terus berkembang di Indonesia.  Bagi pemerintah sendiri sistem ini menjadi jawaban atas permasalahan pengangguran yang ada. Misalnya, melaui industri padat karya yang dapat menyerap tenaga kerja yang  banyak. Selain itu pemerintah juga bisa menjamin terlestarinya lingkungan, karena sistem ekonomi kreatif tidak mengeksploitasi sumber daya alam secara berlebihan. Menurut Hetifah Syaifudian selaku Anggota Komisi X DPR RI, Sistem ekonomi ini terbukti  mampu menghadapi krisis global yang melanda. “ Ini terbukti ketika terjadi krisis global pada 2008-2009 sektor pariwisata tidak terpengaruh dan tetap tumbuh” ujar Hetifah.

 

Walaupun ekonomi kreatif mempunyai banyak manfaat tersendiri. Namun, dalam proses penerapanya masih terbentur oleh beberapa kendala.  Salah satunya adalah akses pada bahan baku dan pemanfaatan teknologi. Selain itu, ada persoalan permodalan bagi pelaku usaha, perlindungan terhadap hasil cipta industri kreatif, dan dukungan ketersediaan ruang publik yang masih kurang.

 

Agar sistem ekonomi kreatif dapat diterapkan dengan optimal. Maka di butuhkan juga peran aktif pemerintah dan masyarakat. Misalnya dengan mengoptimalkan perlindungan hak cipta agar perkembangan industri kreatif dapat berkembang dengan cepat dan luas di Indonesaia. Mengingat Indonesia negara yang kaya akan suku dan budaya serta pasar yang besar dan strategis pastinya mempunyai prospek yang tinggi dengan menerapkan ekonomi kreatif.

Karya:

Aris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *