Wirausaha Muda Mandiri, Ciptakan Ekosistem Entrepreneurship yang Kolaboratif

Malang – Pelaksanaan Awarding Ceremony Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2018 berlangsung pada Sabtu (15/9/2018) di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya (UB). Acara ini adalah puncak dari rangkaian kegiatan WMM yang bertujuan untuk terus menumbuhkembangkan kewirausahaan di Indonesia khususnya pada generasi muda. Program yang telah diadakan sejak tahun 2007 tersebut membawa tagline ‘Berani Muda, Berani Berkarya’. Dalam awarding ceremony kali ini sejumlah tamu turut hadir, seperti Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Rini Soemarno, Direktur Utama (Dirut) Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, dan mahasiswa dari tujuh universitas di Kota Malang.

Kegiatan Awarding Ceremony WMM diawali dengan penampilan paduan suara UB dan stand up comedy dari Dicky Diffie. Lalu pada pukul 10.00 WIB Reog Ponorogo tampil di atas panggung diikuti dengan Digital Neon Colossal Performance. Kemudian, Prof. Dr. Nuhfil Hanani AR., MS. selaku Rektor UB memberikan sambutan di atas panggung dan dilanjut dengan talkshow ‘Berani Muda, Berani Berkarya’.

Talkshow tersebut membahas tentang bagaimana menciptakan ekosistem entrepreneurship yang berkesinambungan dan kolaboratif. Demi mewujudkannya maka diundang stakeholders yang terdiri atas Hari Santosa Sungkari selaku Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif RI, Andreas Eddy Susetyo, Ketua Pansus RUU Kewirausahaan Nasional, Jodhi Palgunadi dari Akun.biz, Jeremia Allan perwakilan dari Gedhang Nugget, dan Dirut Bank Mandiri. Talkshow ini dimoderatori oleh Adrian Gunadi yang merupakan Co-Founder & CEO Investree. Di awal talkshow Adrian sempat menyinggung tentang kondisi Indonesia yang tengah diuntungkan oleh bonus demografi. “Hampir lima puluh persen penduduk Indonesia berusia di bawah tiga puluh tahun. Hal ini merupakan potensi munculnya entrepreneur baru,” ungkap Adrian. Ia juga menambahkan bahwa dengan adanya ekosistem yang kolaboratif maka akan lebih banyak menghasilkan high impact bagi keberlangsungan entrepreneur di Indonesia. Sejalan dengan pernyataan moderator, Andreas juga mengatakan, “Wirausaha adalah faktor yang sangat penting dalam menggerakkan perekonomian negara. Pemerintah sebagai regulator, fasilitator, dan katalisator wirausaha,” tuturnya. Dalam kesempatan yang sama, Andreas juga menambahkan bahwa sinergisitas dengan universitas juga sangat diperlukan. Pada pukul 11.00 WIB talkshow berakhir. Setelah itu, kegiatan masuk pada sesi pengumuman pemenang WMM 2018 lalu dilanjutkan dengan penampilan guest star Via Vallen.

Adanya program WMM memunculkan harapan dari berbagai pihak. Rektor UB, Nuhfil, menginginkan ke depannya akan bisa mencetak entrepreneur yang luar biasa. Di sisi lain, Kartika selaku Dirut Bank Mandiri berharap WMM akan mampu memberikan inspirasi kepada generasi muda. Sejalan dengan pernyataan tersebut, Rini selaku Menteri BUMN juga menyampaikan, “Program WMM diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk menjadi generasi yang dapat menciptakan lapangan kerja yang peduli dan mau berkontribusi dalam pembangunan,” pungkasnya. (Naufal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *