Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Kemerdekaan dapat diartikan sebagai keleluasaan bagi setiap warga negaranya untuk terlibat dalam kegiatan politik dan sosial masyarakat tanpa ada paksaan atau tekanan dari pihak masyarakat bahkan pemerintahan. Sangat disayangkan, jika pandangan masyarakat mengenai kemerdekaan hanya sebatas tidak adanya kekerasan. Keinginan untuk terbebas dari jerat kolonialisme dan imperialisme bangsa lain yang membatasi pergerakan di berbagai aspeklah yang membuat bangsa ini bangkit dan memproklamasikan dirinya sebagai negara merdeka.

Selalu teringat kata “Merdeka atau mati” ketika kita mengenang perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan Indonesia dari genggaman negara lain. Secara de facto Indonesia merdeka sejak 17 Agustus 1945, serta de jure Indonesia merdeka sejak 18 November 1946 ketika Mesir mengakui kemerdekaan Indonesia. Saat itulah Indonesia bergerak dengan jerih payahnya sendiri hingga saat ini. Lalu, bagaimana keberlanjutan perjuangan pahlawan di masa sekarang?.

Mengenang pepatah yang terkenal dari tokoh ternama pada masannya. “Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah. Tapi perjuangan kalian akan lebih berat, karena melawan saudara sendiri,” ucap Ir. Soekarno. Memang benar, banyak masyarakat saat ini yang tidak peduli akan Negeri. Pemberontakan dan penyerangan yang merusak persatuan bangsa ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga.

Tak terasa, sudah 74 tahun Indonesia merdeka. Namun, apakah negara yang berlandaskan Pancasila ini sepenuhnya merdeka?. Istilah merdeka sejatinya termaktub dalam tujuan negara Indonesia di dalam Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Begitukah realitanya?, Mari kita menilik apa yang terjadi kemarin. Persentase penduduk berumur 5 tahun ke atas di daerah perkotaan dan pedesaan dari publikasi Badan Pusat Statistik pada 2018 menunjukan terdapat 6,70% tidak pernah sekolah dan 68,08% tidak bersekolah lagi. Apa itu bukti mencerdaskan kehidupan bangsa? Jika iya, berdosalah kalian semua yang mengatakan Indonesia sudah merdeka.
Mari kita saling introspeksi, untuk Indonesia agar lebih baik lagi! (Furqan)

Ilustrasi: Ahmad Rifki Inderawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *