The Overview Effect

adhim

Gambar diunggah dari internet

 

Sebuah foto yang diambil Appolo 17 pada Desember 1972 membuat manusia untuk pertama kalinya dapat melihat keseluruhan bumi. Pertama kalinya spesies Homo Sapiens memandang planet tempat tinggalnya dari sudut pandang yang berbeda.

 

Dalam foto itu tak tampak sebuah perbatasan, kesenjangan, keributan, apalagi konflik antar manusia yang biasa terjadi. Hal ini membuat perspektif baru bahwa planet yang terbentuk sekitar 4,5 milyar tahun yang lalu  hanya sebatas tempat tinggal berbagai makhluk hidup. Inilah yang disebut “The Overview Effect” oleh para astronot saat memandang bumi dari luar angkasa.

 

Tidak seperti yang selama ini kita alami, bumi adalah tempat tinggal dimana semua orang berusaha mengintimidasi dan menindas kaum lainnya, tempat dimana saling beradu paham yang paling benar untuk memenuhi kebutuhan ego yang sementara. Perbedaan suku, ras, agama, kebangsaan, ideologi, atau apalah itu yang ­­diciptakan untuk membuat manusia menjadi beragam dan saling memahami kehidupan malah dijadikan alibi untuk menjadi yang paling benar.

 

Tak ada waktu yang tepat untuk menyadari hal ini, kecuali sekarang kita mulai meningkatkan kesadaran manusiawi dan tidak mengutamakan ego semata. The Overview Effect telah membantu kita menjadi manusia yang lebih memanusiakan manusia lainnya, karena sejatinya manusia diciptakan bukan untuk menghancurkan manusia yang lain.­

Karya :
Adhim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *